[Review MV] Red Velvet - One Of These Nights

Maret 20, 2016


Hayo, hayo... siapa yang Red Velvet stan disini?*angkat tangan.*

Label baru lagi, ya? Review MV. Soalnya ada beberapa MV artis K-Pop yang punya banyak banget teori tersembunyi (well, sampe sekarang masih banyak yang belom terpecahkan) dan itu bener-bener bikin aku gatel pengin buat review atau setidaknya FF tentang MV itu.

Oke, jadi... kita mulai dengan MV Red Velvet yang baru rilis beberapa hari lalu: One Of These Night. Jujur aja, ini mungkin MV yang punya teori tergampang (for me, yea). Tapi gak tau juga, it just my own opinion. Karena jujur aja, MV One Of These Night ini agak abstrak(?). You know SM, aren't you?

Oh ya, aku juga sempet baca beberapa tanggapan dari K-Netz tentang MV ini. Well, ada beberapa yang sesuai dengan pikiranku. Oke, kita langsung aja liat review-nya, ya!

WARNING! Review ini mengandung kata-kata gaje yang kurang dimengerti. And this review wouldn't be 100% true, karena aku hanya melihat MV-nya dari segi penonton. So don't just trust this :v and also, aku nge-review secara acak. Gak berurutan sesuai MV-nya, ya ^^
Oh ya, dan maaf juga kalau ada gambar yang gak HD. I screenshoot it from youtube terus kumasukin ke Paint baru ku-save, makanya kadang suka blur.




Pertama, kita mulai dari foto teaser. Some of K-Netz said that perahu kertas yang dipegang sama Wendy melambangkan Kapal Sewol (Remember, tragedi Kapal Sewol?). Terus, teaser Joy yang memakai dress kuning melambangkan kedamaian untuk para korban Kapal Sewol.

Okay, it's a bit un-logic. Soalnya kalau di Indonesia, warna kuning itu artinya kematian, ya, kan? But, yeah, idk.


Adegan pertama adalah ketika member RV pada dirias. Nah, ini menurutku menggambarkan korban Kapal Sewol yang masih muda dan mempunyai wajah yang cantik.


Berikutnya, ketika Seulgi mengintip di lubang kunci sebuah pintu. Nah, di sana ada Wendy. Oke, kalau menurutku adegan ini menggambarkan para korban kapal yang sedang mencari tau apa yang terjadi dengan kapal yang mereka tumpangi (Languange. I'm sorry).



Lalu adegan ketika Seulgi membuka sebuah pintu (atau jendela? Pintu kayaknya) dan disekelilingnya terdapat air. Serta adegan ketika Joy menaiki tangga. Nah, menurut K-Netz, adegan ini menggambarkan para korban yang selamat.



Berikutnya adalah adegan ketika Seulgi berdiri di sebuah lorong(?) berlatar air. Dia lalu berjalan dan membuka sebuah pintu, di dalamnya terdapat Yeri (And then, there is another members too) yang memakai tudung putih dan berdiri di sebuah taman.

Nah, menurutku ini menggambarkan bagaimana para korban kapal yang terjebak dan taman itu menggambarkan tujuan akhir mereka (a.k.a Surga).


Adegan di atas adalah ketiga Seulgi melihat ke jendela yang basah dengan tatapan sedih. Menurut K-Netz Seulgi disini adalah satu-satunya korban yang selamat dan masih menaruh harapan pada mereka yang tak selamat.


Ketika Wendy memasuki kolong meja (Oke, ini bahasanya... ya -_-). Menurutku ini adalah adegan yang menggambarkan korban kapal yang sedang mencari tempat untuk berlindung. I know, this is weird. Karena korban kapal tenggelam gak mungkin bisa bersembunyi di bawah meja, in the end they wouldn't make it tho ,_,


Adegan ketika semua member Red Velvet duduk melingkari beberapa lilin. Menurutku ini adalah orang-orang (Bisa jadi keluarga korban atau korban yang selamat) yang sedang berdoa untuk kedamaian para korban Kapal Sewol.


Aku salvok sama gaunnyaaaa XD#Plak!

Berikutnya adalah adegan ketika Yeri tidur di sebuah kapal kecil. Lalu ketika bangun, kapal itu sudah dipenuhi air. Mungkin adegan ini menggambarkan para korban yang tak tahu apa-apa, ketika mereka menyadari apa yang terjadi, mereka sudah terjebak dan tak bisa apa-apa.



Hmm... sebenarnya aku agak bingung dengan scene ini. Irene berdiri di sebuah ruangan, lalu keluar air yang sangat deras dan dia jatuh. So... she's fall only because of a water?

Oke, teori yang lebih masuk akal untuk adegan ini adalah: Irene merupakan korban Kapal Sewol. Air ini melambangkan Kapal Sewol yang mulai tenggelam, dan Irene yang jatuh adalah korban yang tak berhasil menyelamatkan diri. Maksudnya, dia tenggelam.

Ngerti, gak? Kalau gak ngerti, silahkan tafsirkan sendiri...



Lalu ada Seulgi yang memasuki sebuah lorong dengan bel darurat (Open Link In New Tab kalo gak keliatan, aku udah memberi lingkaran di sekitar bel darurat itu). Lalu dia mematikan semua lampu kecuali sebuah lampu. Menurut K-Netz, ini menggambarkan korban selamat yang masih menaruh harapan kepada mereka yang meninggal.


Scene terakhir adalah munculnya tulisan The Velvet (Judul Album) yang kemudian berganti menjadi Red Velvet. Apa yang salah disini? Yap, warna tulisannya. Baik tulisan album maupun girlband-nya ditulis dengan warna merah yang melambangkan kematian (Oh, please, kalo di Indonesia kematian itu kuning :v).


Cover Album Red Velvet - The Velvet memiliki gambar kelima member bertudung putih dan membawa lilin. Hal ini bisa digambarkan sebagai korban selamat yang berdoa demi kedamaian dan kebahagiaan korban yang meninggal.

Selian itu, Cover Album juga memuat gambar Yeri yang di-blur. Ada yang beranggapan bahwa hal ini sengaja. Dikarenakan Yeri masih di bawah umur (99liner), hal itu berhubungan dengan sebagian besar korban Kapal Sewol yang (katanya) masih anak-anak. I think it's true coz aku denger dari adekku kalau ada satu kelas (anak-anak SD) yang mau karyawisata ke Pulau Jeju dan naik Kapal Sewol ini, sebagian besar dari mereka adalah korban yang tida selamat.

Oh ya, ada lagi beberapa teori K-Netz mengenai lagu One Of These Nights ini: 

  • Tanggal perilisan One OF These Nights yaitu 17 Maret yang sama dengan tanggal terjadinya tragedi Sewol berdasarkan kalender lunar/penanggalan Cina, yaitu 17 Maret.
  • Judul Korea One Of These Nights adalah 7월 7일 (Re: Chilwol Chilil) yang artinya July 7th. Kalau dikalikan 7x7 = 49. Dalam Agam Budha jumlah hari tersebut merupakan jumlah hari arwah orang yang meninggal untuk mencapai Surga.
  • Dikatikan dengan pirilisan lagu F(x) - Red Light yang kabarnya juga mengisahkan tentang Kapal Sewol. Red Light diirilis tanggal 7 Juli 2014 yang sama persis dengan judul Korea lagu One Of These Nights.
Nah, kira-kira gitu, deh, teori-teori di balik MV Red Velvet One Of These Nights. Tiba-tiba aku merinding#wayoloh#candaa.

Oke, sekian dulu, ya. Akhirnya, entri ini selesai juga. Kalau kalian punya pendapat lain tentang MV ini, silahkan komentar di bawah. Dan btw, yang mau request Review (Boleh MV K-Pop, DraKor, Novel, FF, lagu, dll) silahkan komen juga.

Dan... aku juga udah mau bikin Review MV berikutnya. Ini masih rencana sih, jadi gak tau kapan. Aku rencananya mau bikin Review MV... eh, abum sih tepatnya, Review Album-nya BTS yang In The Mood For Love. Oke, kalian tau kan itu complicated banget, karena aku nyampe sekarang pun masih bingung banget > <

Sekian dulu, ya. Ditunggu komentar kalian!

Beberapa bagian diambil dari: Red Velvet Update
WARNING! Tolong jangan meng-copy-paste tanpa izin. Berikan credit jika ingin me-repost!

You Might Also Like

0 comment[s]